10 stasiun radio terpopuler di Afrika Selatan

10 stasiun radio terpopuler di Afrika Selatan – Meskipun munculnya teknologi baru seperti streaming dan peningkatan konektivitas broadband, radio masih tetap menjadi bisnis besar di Afrika Selatan.

10 stasiun radio terpopuler di Afrika Selatan

therockradio – Statistik terbaru yang diterbitkan oleh Broadcast Research Council Afrika Selatan menunjukkan bahwa banyak dari mereka masih menerima pendengar mingguan lebih dari satu juta orang dalam berbagai bahasa.

Melansir mytuner-radio, Stasiun terbesar adalah Ukhozi FM yang berbasis di Durban yang melayani kebutuhan komunitas berbahasa Zulu. Antara Oktober 2018 dan Maret 2019, stasiun ini memiliki 7,6 juta pendengar seminggu. Ini jauh di depan stasiun terpopuler kedua Umhlobo Wenene FM – stasiun yang berfokus pada komunitas berbahasa Xhosa – yang memiliki 5,4 juta pendengar seminggu selama periode waktu yang sama.

Baca juga : 10 Stasiun Radio Terbaik di Miami

Di urutan ketiga teratas adalah Metro FM dengan 4,3 juta pendengar per minggu. Anda dapat menemukan daftar 10 stasiun radio paling populer yang diuraikan di bawah ini.

1. Ukhozi FM

Ukhozi FM adalah stasiun radio nasional Afrika Selatan & dimiliki oleh SABC, berbasis di Durban, KwaZulu-Natal yang melayani kebutuhan komunitas berbahasa Zulu. Didirikan pada tahun 1960, itu adalah stasiun radio terbesar di Afrika Selatan dan Afrika (berdasarkan pendengar). Stasiun ini memiliki lisensi penyiaran dari ICASA.

2. Umhlobo Wenene FM (UWFM)

UMhlobo Wenene FM ( UWFM ) adalah stasiun radio Afrika Selatan, yang menyediakan siaran berita, olahraga, dan hiburan di isiXhosa. Stasiun ini mengudara 247 di Channel 818 di DStv. Ini adalah stasiun radio terbesar kedua di Afrika Selatan, dengan lebih dari 5 juta pendengar. Penyiaran dimulai pada tanggal 6 Mei 1960, dari kota Port Elizabeth, dengan nama Radio Xhosa, sebelum diganti namanya setelah runtuhnya apartheid dan pemilihan umum 1994.

3. Metro FM

Metro FM adalah stasiun radio nasional di Afrika Selatan yang dimiliki oleh South African Broadcasting Corporation. Stasiun ini mengudara di FM Stereo serta DStv Bouquet Channel 801.

Stasiun ini mulai mengudara pada Oktober 1986 sebagai Radio Metro untuk bersaing dengan Radio Bop yang sekarang sudah tidak ada. Bermain campuran urban kontemporer dan permen karet pop Radio Bop mampu menjangkau audiens hitam di bagian Transvaal oleh mengudara pada band AM dari independen Bantustan dari Bophuthatswana mana ia berlisensi.

Hal ini mendorong manajemen kulit putih SABC saat itu untuk meluncurkan Radio Metro yang mengudara dalam waktu sekitar enam bulan, dari tahap perencanaan. Stasiun ini meluncurkan karir sejumlah selebriti radio termasuk, Bob Mabena, Shado Twala dan Lawrence Dube.

Selama bertahun-tahun stasiun ini memiliki sejumlah pesaing, termasuk di pasar radio Johannesburg yang sangat kompetitif di mana dua stasiun, Kaya FM dan YFM, yang diluncurkan pada pertengahanakhir 1990-an telah mengambil sebagian penonton dari Metro FM. Metro mensponsori Metro FM Music Awards, edisi 2016 menjadi yang ke-15. Dikenal sebagai Mabhena FM.

4. Lesedi FM

Lesedi FM adalah Afrika Selatan PBS jaringan radio yang dimiliki oleh Afrika Broadcasting Corporation Selatan (SABC). Stasiun ini diluncurkan pada tahun 1960 dan saat ini tersedia di tujuh provinsi dengan perluasan ke dua provinsi lainnya pada frekuensi 87,7 – 106,6 FM.

Lesedi FM menyiarkan dari Bloemfontein ke komunitas berbahasa dan memahami Sesotho. Ini adalah stasiun radio Sesotho terbesar di Afrika Selatan. Ini adalah stasiun radio terbesar ke-4 di Afrika Selatan dengan pemirsa 3 346 juta dengan pangsa pemirsa tertinggi 62% di Free State dan 10% di Gauteng.

5. Thobela FM

Thobela FM adalah suara kontemporer Sepedi berbicara pemahaman Afrika Selatan. Stasiun ini mengudara di area ini dan dalam FM pada frekuensi berikut di seluruh Afrika Selatan.

6. Motsweding FM

Motsweding FM adalah stasiun radio SABC yang berbasis di Mahikeng, Afrika Selatan, yang beroperasi terutama di Setswana. Sebelumnya dikenal sebagai Radio Tswana, stasiun siaran di seluruh negeri berevolusi dari Bophuthatswana Broadcasting Corporation, yang telah beroperasi dari Mmabatho di bekas tanah air Bophuthatswana.

Motsweding FM memainkan berbagai macam musik, untuk membantu meningkatkan pendengar di seluruh budaya dinamis Afrika Selatan. Setiap saat, campuran hip-hop pop soft rock dapat dicampur dengan house music diikuti oleh Simphiwe Dana atau Madonna dan diakhiri dengan Freshlyground atau Mo’Molemi.

7. Gagasi FM

Gagasi FM (sebelumnya P4 99,5 FM atau P4 Radio Durban ) adalah stasiun radio yang mengudara di Durban dan sekitarnya di KwaZulu Natal, Afrika Selatan, dengan spesialisasi R&B, pop Afro, hip hop, house, dan kwaito. Pada Mei 2007 itu memiliki pendengar sekitar 989.000. Stasiun ini diluncurkan pada 13 Maret 2006. Ia mengklaim sebagai satu-satunya stasiun radio berbahasa Inggris dan Zulu di negara ini. Stasiun ini memiliki 1 juta pendengar selama tahun pertama operasinya.

8. Jacaranda FM

Jacaranda FM, sebelumnya dikenal sebagai Jacaranda 94.2, adalah stasiun radio Afrika Selatan, mengudara dalam bahasa Inggris dan Afrikaans, dengan jejak yang mencakup Gauteng, Limpopo, Mpumalanga dan Provinsi North West dan menawarkan pendengar mendengarkan 2 juta orang seminggu dan komunitas digital lebih dari 1,1 juta orang per bulan. Format stasiun adalah arus utama dengan pemrograman yang dibangun di sekitar daftar putar musik hit dari tahun 1980-an, 1990-an dan sekarang.

Menurut angka resmi terbaru dari South African Advertising Research Foundation yang dirilis pada tahun 2014, Jacaranda FM pernah menjadi no. 1 stasiun di antara konsumen bahasa rumah Afrikaans di provinsi Gauteng, dan salah satu dari 10 stasiun teratas di negara ini.

Jacaranda FM mengoperasikan layanan split pemancar regional dari sebuah studio di Mbombela. Ini dapat didengar di sebagian besar wilayah Capricorn, Bushveld dan Lowveld di Provinsi Limpopo serta di Lowveld Mpumalanga, terutama Mbombela dan Taman Nasional Kruger. Siaran terpisah terjadi setiap hari kerja dari pukul 1200-1600 dan pada hari Sabtu dari pukul 1000-1400. Siaran berita waktu berkendara pagi dan sore juga diumpankan ke audiens regional.

9. Ligawalagwala FM

Ligwalagwala FM adalah stasiun radio PBS nasional Afrika Selatan yang berbasis di Mbombela, Afrika Selatan. Tahun 2008 menandai kelahiran kembali stasiun tersebut dengan meluncurkan citra baru, bersemangat, gembira dan dinamis. Peluncuran logo baru secara seremonial diikuti oleh pesta ulang tahun stasiun yang dipilih sebagai konser tahun ini oleh surat kabar Saturday Star.

Prestasi SABC Gospel Crow Awards, PMR Awards, 2008 – Birthday Bash terpilih sebagai konser terbaik tahun ini oleh Saturday Star, 2008 – Top 10 Stasiun Radio Favorit, 2013 – Top 10 Stasiun Radio Favorit, 2012 – Best Gospel Radio Show, 2005 – Diamond Arrow, 2007 – Panah Berlian, 2013 – Panah Berlian.

Baca juga : Stasiun Radio Prancis Terbaik untuk Didengarkan pada tahun 2021

10. Ikwekwezi FM

iKwekwezi FM (sebelumnya Radio Ndebele) adalah stasiun radio nasional Afrika Selatan yang berbasis di Pretoria di provinsi Gauteng yang menyiarkan dalam bahasa Ndebele Selatan.

Ikwekwezi FM, sebelumnya dikenal sebagai Radio Ndebele, didirikan pada 1 Januari 1983. Tercatat bahwa ini adalah Hari Tahun Baru, para pekerja pertama kali melapor untuk bertugas pada hari kerja pertama tahun itu.

Ini pertama kali terdengar di pemancar FM 93.6 (Nylstroom) pada 1 April 1983 setelah tiga bulan induksi staf. Presenter kontinuitas pertama adalah David Malatsi dan pembaca berita pertama adalah Mandla Masanabo.

Stasiun tersebut kemudian ditempatkan di SABC Northern Transvaal Region, yang berbasis di Minnaar Street di Pretoria. Kemudian dipindahkan ke Weavind Park juga di Pretoria, lalu ke Auckland Park di Johannesburg dan sekarang berbasis di Hatfield, Tshwane.